26.8 C
Cianjur
Senin, Desember 5, 2022

Peresmian Pasar Cigombong, Pemkab Cianjur Gratiskan 73 Untuk Para Pedagang

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur menggratiskan 73 kios untuk para pedagang di Pasar Cigombong Kecamatan Pacet.

Disebutkan Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian (Diskopperdagin) Cianjur, Tohari Sastra, pembangunan Pasar Cigombong ini dibangun pada tahun 2021 dari anggaran APBN tugas pembantuan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia dengan pagu anggaran 4 miliar rupiah.

“Jumlah kios yang dibangun ini ada 73 kios, kemudian ada yang sifatnya los itu ada 28 los , pembangunan pasar cigombong ini dilaksanakan oleh PT. Brownie, alhamdulillah selesai pada Desember tahun 2021,” ujar Tohari disela-sela Peresmian Pasar Cigombong Pacet, Jum’at (25/3/22).

Tohari mengatakan, kios ini sifatnya gratis dari Pemerintah Daerah untuk para pedagang yang tadinya berjualan di Pasar Cigombong.

“Harapan kami dengan dibangunnya Pasar Cigombong  yang representatif ini bisa menambah ‘gairah’ para pedagang karena kalau dulu kan sebelum dibangun bangunannya kumuh, kurang tertib, setelah dibangunnya pasar cigombong ini otomatis dari segi fasilitas cukup memadai, keamanan, kenyamanan cukup bagus sehingga para pedagang bisa berjualan lebih nyaman dan dagangannya lebih laku lagi,” ungkapnya.

Ia menghimbau para pedagang nantinya bisa menjaga kondisi bangunan dari segi kebersihan, termasuk ia berharap dari segi retribusi ini bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Cianjur.

Sementara Bupati Cianjur, Herman Suherman menghimbau agar para pedagang yang menepati kios dan los di Pasar Cigombong agar merawat bangunan dengan baik.

“Kami prioritaskan peruntukannya yang untuk para pedagang yang lama, semuanya kebagian, oleh Kepala Dinas sudah dibagikan dengan kondusif dan aman,” ucapnya.

Bupati berharap agar harga yang berada di Pasar Cigombong ini bisa lebih murah.

“Karena ini gratis ya mudah-mudahan harga satuan barang itu akan jauh lebih murah karena pedagang ini tidak usah memikirkan untuk bayar bangunan karena bangunan ini digratiskan oleh pemerintah,” paparnya.(Ars/Ans)

Informasi Terkait

Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur memperingati Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 Hijriah dengan mengambil tema "Cianjur Berdzikir dan Bersholawat" di Taman...

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Kantor Muslimat NU Kabupaten Cianjur

Bupati Cianjur H. Herman Suherman menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Gedung Kantor Muslimat NU Kabupaten Cianjur yang berlokasi di sebelah Gedung Koni Cianjur Jl....

Bupati Cianjur Gelar Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Dan Membuka Pawai

Bupati Cianjur H. Herman Suherman menggelar upacara peringatan Hari Santri Nasional yang dilaksanakan di lapang parkir Pemda Cianjur. Sabtu, (22/10/2022). Upacara tersebut dipimpin langsung oleh...

Bupati Cianjur Pimpin Upacara dan HUT SMKN 1 Cilaku Ke 57

Bupati Cianjur H. Herman Suherman bertindak sebagai Inspektur Upacara sekaligus menghadiri HUT SMKN 1 Cilaku yang digelar di Lapang SMKN 1 Cilaku Jl. Raya...